8.30.2010

Lebaran nanti.


Ceritanya ini kan puasa yang ke duapuluhsatu ya, tapi kenapa gw ga ngerasa udah lama dah? Kayanya baru kemaren-kemaren mulai puasa, n lebaran masih jauuuuuuh di depan mata. Tau-tau nyokap gw ngesms, "neng, mo pulang kampung duluan apa rame-rame?". Aiiih ternyata lebaran bentar lagi, kurang lebih sepuluh hari lagi. Ade gw dirumah dah ribut-ribut pengen baju lebaran ma mukena baru. Gw cuma nyengir-nyengir aja, waktu bocah juga gw gitu. Malah kemaren-kemaren ikut ribut juga minta jatah baju lebaran.
Tapi ada yang bikin gw sedih buat lebaran kali ini.. Pertama, nenek gw meninggal beberapa bulan yang lalu, padahal rumahnya itu jadi basecamp buat keluarga besar n almarhumah satu-satunya alesan para keluarga buat pada ngewajibin mudik ke Garut n ngumpul. Kita suka bikin acara-acara seru, kaya outbound, tuker kado, turnamen futsal, atau gathering food. Dengan jumlah sodara sepupu yang seabrek-abrek nandingin jumlah orang sekampung, tentu aja acara keluarga jadi rameeee banget! Tapi sekarang emak (sebutan gw ke nenek gw) udah ga ada, jadinya pada males-malesan mudik deh. Keluarga gw aja berencana lebaran di Bekasi aja, baru udahnya pulang kampung. Yaaah,, takbiran ga bakal serame taun kemaren deh.
Alesan kedua yang bikin sedih, sepupu-sepupu gw satu persatu pada kawin n ga asik lagi di ajak gokil-gokilan. Udah gitu yang cewe pasti pada ikut suami pulang kampungnya. Padahal umurnya ga pada jauh dari gw, tapi ngapa pada kawin cepet sih?? aneh ah. Yang masih lajang bisa di itung pake jari deh! Palingan nyisa bocah-bocah skalian ma ponakan gw yang sama bejibunnya ma tante n omnya. Sedih sedih,, tapi mau gimana lagi?
Ternyata waktu buat gw berjalan cepet banget, entah karena gw yang easy going, atau juga yang bawaannya bahagia mulu. hahahaha, gaya amat ya.
Jadi inget waktu bocah dulu, dengan jumlah sepupu yang sama jumlahnya sama 2 kesebelasan sepak bola, (malah kayanya lebih n bakal nambah lagi ni), kita biasa tidur rame-rame sampe numpuk-numpuk, mandi juga kadang rame-rame. N seperti biasa, gw selalu jadi bocah paling rese yang bikin onar mulu. Entah itu nyemplung-nyemplungin ketupat mateng ke kolam ikan,, nyomot-nyomot kue kering buat tamu,, bikinin tamu minum pake aer mentah,, pokonya troublemaker lah kalo kata tante-tante gw...
Jadi kangen masa kecil gw,, bahagia banget kayanya.. tapi ya sudahlah, sekarang jalanin yang didepan mata aja.. Dan mau ga mau gw harus nerima apapun keadaan pas lebaran nanti... Apakah bakal sepi,, atau sekalian aja gw ramein lagi, yang penting, kita sambut lebaran dengan niat yang suci...

No comments:

Post a Comment

Pembaca yang baik, pasti meninggalkan komen, kripik dan saran..